torajadaily.com

Pemerintahan

Sungguh Malang Nasib Tiga Gadis Saudari Kandung ini, Miskin dan Puluhan Tahun Menderita Lumpuh

TORAJADAILY.COM, SANGALLA – Sungguh malang nasib tiga gadis saudari kandung di Toraja ini. Hidup dalam kemiskinan, mereka pun menderita Lumpuh.

Mereka adalah Tanga’ (44), Uli (37) serta Meliani Bo’ne (32), warga Lembang Rantela’bi Kambisa, Kecamatan Sangalla, kabupaten Tana Toraja. Sejak kecil mereka sudah menderita kelainan pada kaki. Untuk beraktifitas mereka terpaksa harus mendapat bantuan.

Dari kecil hingga sekarang ketiganya masih dirawat dan dibesarkan di dalam gubuk reot oleh kedua orang tua kandung, yakni ayah Tuangin (79) serta ibu bernama Sattu (77).

Mirisnya, ketiga gadis ini tidak pernah mendapatkan pelayanan kesehatan memadai. Mereka hanya mendapat tindakan medis seadanya di Puskesmas setempat.

Bukan tanpa alasan, kondisi ekonomilah yang juga memaksa kedua orang tuanya tidak mampu membawa anaknya ke rumah sakit. Di usia uzhur, Tuangin hanya mengandakan anyaman bambu sebagai penyambung hidup keluarganya.

“Dari kecil sudah kelainan hingga sampai tidak bisa berjalan. Kami tidak tahu apa penyebabnya. Dulunya kami ke puskesmas hanya di kasih obat pereda nyeri saja. Sampai sekarang anak anak masih merasakan nyeri akibat getaran di bagian kaki,”
ujar Sattu saat dikunjungi Torajadaily.com, (Minggu 19/11/2017).

Sattu menceritakan ketiga anakya sama sekali tidak pernah menyentuh bangku sekolah. Jangankan membaca dan menulis pegang pensil pun ketiganya tidak pernah belajar.

Meski terbelit kemiskinan, Tuangin dan Sattu tetap sabar dan tabah mencurahkan kasih sayang kepada tiga orang anaknya. Tinggal di dalam gubuk reot tanpa satupun fasilitas dasar di dalamnya, keluarga ini tetap tegar menjalani roda kehidupan.

“Kadang untuk makan, ada tetangga yang kasihan membantu. Selain itu ada juga lahan pekarangan yang ditanami sayur mayur,” terangnya.

Keluarga ini berharap mendapat perhatian pemerintah, sekedar meringankan beban mereka. (Ima)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top