Hukum & Kriminal

Tangani Lima Kasus Korupsi, Kejari Makale Selamatkan Uang Negara Rp500 juta Tahun 2017

INT

TORAJADAILY.COM, MAKALE – Kejaksaan Negeri (Kejari) Makale menangani sedikitnya lima kasus tindak pidana korupsi di Toraja, tahun 2017. Sedikitnya Rp500 juta uang Negara yang berhasil diselamatkan dari lima kasus tersebut.

“Iya sepanjang tahun 2017 ada lima kasus korupsi yang kami tangani. Uang negara yang dikembalikan Rp500 juta,” ujar Asintel Kejari Makale, Amri Kurniawan, 9 Desember 2017.

Saat ditanya rincian kasus
tindak pidana korupsi tersebut,sayangnya Asintel enggan membeberkan lebih dalam. Kata Amri, beberapa kasus masih berproses di Pengadilan Tipikor.

“Tahun 2017 tindak pidana korupsi turun dibanding tahun 2016. Total uang negara yang kami selamatkan dalam kurun dua tahun ini sebesar Rp2M,” kata Dia.

Selain penindakan, lanjut Amri pihaknya juga melakukan pendampingan kepada penyelenggara pemerintahan di Tana Toraja dan Toraja Utara. Agar dalam mengambil kebijakan tidak melanggar hukum khususnya Korupsi.

“Kejaksaan bukan seperti menghadang oknum dari semak kemudian menangkapnya. Namun justru berada di depan untuk mencegah oknum tersebut melakukan tindak pidana korupsi,” jelasnya.

Momentum Peringatan Hari Anti Korupsi yang jatuh pada 9 Desember ini, Amri juga berharap partisipasi masyarakat dalam upaya oeninfskan dan pencegahan tindak pidana korupsi. Masyarakat diminta  sadar akan pentingnya bersinergi dengan pihak kejaksaan, mulai dari pelaporan oknum yang nakal ataupun bertanya mengenai pengelolaan dana khususnya anggaran Desa.

“Masyarakat harus berperan aktif. Bagi penyelenggara pemerintahan tingkat desa sampai kabupaten juga harus transparan dalan mengelola anggaran,” pungkasnya (Ima)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top