Connect with us
alterntif text

Pemerintahan

Terbukti Korupsi, Ini PNS di Toraja Terancam Dipecat

Published

on

Foto: Joni Tonglo beserta Staff

TODAY, MAKALE – Dua orang Pegawai Negeri
Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kabupaten Tana Toraja terancam dipecat karena terbukti terlibat kasus Korupsi.


Kedua PNS tersebut berinisial SP bertugas di Dinas PUPR serta DK yang dulu bertugas di Dinas Pertambangan dan Energi. Putusan keduanya sudah Inkrah melalui Pengadilan Tipikor Makassar beberapa waktu lalu.

Kepala BKPSDM Tana Toraja, Joni Tonglo yang dikonfirmasi tidak menampik hal tersebut. Kendati begitu untuk megambil langkah, kata Joni pihaknya masih menunggu petunjuk lanjutan dari pemerintah.

Joni mengaku hingga kini pihaknya belum menerima dokumen apapun terkait dua PNS tersebut.

“Benar Sudah bukan rahasia, data kita ada tiga. Tapi yang dua itu (SP dan DK) sudah Inkra. Tapi dokumennya kami belum terima. Jadi kami masih menunggu petunjuk dari atas,” aku Joni kepada Torajadaily.com, saat ditemui di Kantornya Senin (17/9).


Ia menjelaskan terkait pemecatan atau pemberhentian secara tidak hormat terhadap PNS yang terbukti korupsi, seperti yang termaktub dalam surat keputusan bersama (SKB) antara Mendagri, MenPAN-RB serta BKN itu, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi.

“Tadi juga Bapak Wakil Bupati sudah telepon agar segera disosialisasikan kebawah. Jadi kami akan segera sosialisasi,” pungkasnya.

SKB itu sendiri merupakan tindak lanjut dari pertemuan ketiganya dengan KPK beberapa waktu lalu. Pemecatan terhadap PNS Korup yang batasnya hingga akhir tahun 2018 itu nantinya akan dilakukan oleh pejabat pembina kepegawaian (PPK) masing-masing wilayah maupun daerah. Apabila PPK tidak melaksanakan isi SKB itu, akan ada sanksi.

Diketahui berdasarkan Data BKN  per 12 September 2018, total ada 2.259 PNS korup yang belum dipecat yang tersebar di tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Secara khusus di Sulsel terdapat 30 orang, 1 orang tingkat provinsi dan 29 orang tingkat kabupaten/kota. (Atj)

Advertisement
Advertisement
alterntif text

Facebook

Trending