Pemerintahan

Tiga Lembang di Toraja Terpilih Program Broadband Terpadu 2017

TORAJADAILY.COM, MAKALE – Tiga desa (Lembang) di Toraja terpilih sebagai lokasi program Pendampingan Penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu tahun 2017.
Tiga lembang yakni Lembang Pata’padang kecamatan Sanggalangi’, Lembang Buntu Tagari di Toraja Utara serta Lembang Paliorong kecamatan Masanda, Tana Toraja.
Program ini diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi RI, dibawah Balai Penyedia dan Pengelolah Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BPPPTI).
Untuk mendukung program ini Kemimfo melibatkan Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan,Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat,Institut Pertanian Bogor (PSP3 LPPM IPB ) sebagai pelaksana.
“Melalui program ini, lembang terpilih tersebut akan dijadikan contoh sekaligus pionir dalam mewujudkan tata kelola pembangunan nasional berbasis desa. Komitmen inipun kemudian diikuti dengan pemberian akses internet yang dibiayai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui BPPPTI,” kata Ketua Tim PSP3 LPPM IPB, Doni kepada Torajadaily.com, 16/10/2017.

Maka yang perlu dipersiapkan jelas Doni, adalah sumber daya manusia, yang nantinya bertujuan untuk meningkatkan kinerja aparat desa dalam menggunakan bantuan dari kominfo. saat ini team PSP3 LPPM IPB telah terjun ke lokasi broadband untuk melakukan pendampingan dalam membangun basis data desa secara digital.
“Saat ini masih pemetaan lembang, batas-batas dusunnya dibuat dulu, dibuatkan peta online agar dapat diakses oleh siapapun.” Terang Dia.
Ditambahkan Doni website lembang juga akan segera dibuatkan, itu saat lembang dan anggotanya sudah bisa mengelolah web tersebut. “Namun kendalanya adalah seperti di Toraja, lembangnya belum ada signal internet, jadi akan dibuatkan dulu,” ungkapnya.
Kementrian Komunikasi dan Informasi RI rencanakan program ini akan rampung akhir tahun 2017. Targetnya sudah memperlihatkan hasil tinjauan berupa peta lembang, aliran internet dan website untuk lembang sebelum Presiden RI Joko Widodo mengahadiri di Lovely Desember di Toraja, Desember mendatang.
Ditambah Toraja, total terdapat 222 desa di 113 kabupaten di 33 provinsi di Indonesia yang terpilih dalam program ini ini. Khusus di Provinsi Sulsel, sselain Toraja juga termasuk 1 Desa di Kabupaten Pangkep. (Ima)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

To Top