Connect with us

Organisasi

Tolak Wisata Halal, Aliansi Pemuda Toraja Bersatu Ma’badong di Plaza Kolam Makale

Published

on

TODAY, MAKALE – Ratusan massa yang berasal dari berbagai organisasi kepemudaan di Tana Toraja berunjuk rasa di Plaza Kolam Makale pada Senin 11 Maret 2019.


Aksi massa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Toraja Bersatu ini menyerukan penolakan keras atas wacana Wisata Halal yang akan diterapkan di Toraja.

Menurut massa, label halal akan merusak nilai-nilai dan tatanan adat budaya Toraja. Selain itu dapat mengancam persatuan dan kesatuan yang selama ini terjaga dan terpelihara di Toraja.

“Kami Aliansi Pemuda Toraja Bersatu menolak keras Wisata Halal. Wisata halal merusak nilai-nilai budaya kita,” teriak Pradyan Londong Allo, Jenderal Lapangan, dalam orasinya.

“Toraja dikenal dan banyak dikunjungi Wisatawan karena adat budaya serta alamnya. Adat budaya kita sangat toleransi, kanapa harus ada label halal,” sambung Pradyan yang juga Ketua Sapma PP Tana Toraja.

Dalam aksi ini massa juga mendesak Pemda dan DPRD Tana Toraja segera menentukan sikap menolak wisata halal serta Kadis Pariwisata mencabut pernyataaannya di Media yang telah mendukung wisata halal.

Unjuk rasa ini diwarnai dengan aksi Ma’badong sebagai simbol Pemuda Toraja sedang berduka.

Usai berorasi di Plaza Kolam Makale aksi kemudian dilanjutkan di Kantor DPRD Tana Toraja dam Kantor Bupati Tana Toraja. Meski berlangsung aman dan tertib, aksi ini mendapat pengawalan ketat dari aparat Kepolisian. (Atj)


Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending