Hukum & Kriminal

Urus SKCK di Toraja, Warga Dibebani Biaya Tambahan Rp20 Ribu Untuk Ongkos Capek

TORAJADAILY.COM, MAKALE – Petugas Polres Tana Toraja memungut uang sebesar Rp50 ribu sebagai biaya administrasi pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Padahal, ketentuannya hanya diperbolehkan memungut biaya sebesar Rp30 ribu rupiah.

Hal ini diketahui setelah salah seorang warga mengungkap besaran biaya yang dikeluarkan saat mengurus SKCK di markas komando Polres Tana Toraja, Senin 8/1/2017 siang.

“Saya bayar Rp50 ribu. Tanpa tanya pun saya langsung bayar ke petugasnya,” ungkap Katalina warga Mengkendek saat ditemui Torajadaily usai mengurus SKCK di kantor Polisi.

Diketahui, sebelumnya biaya pembuatan SKCK diketahui hanya sebesar Rp10.000. Namun pada 6 Januari 2017 lalu, biaya pembuatan SKCK ini dinaikkan dan ditetapkan di seluruh wilayah Indonesia menjadi Rp30.000. Sedangkan untuk Warga Negara Asing dipungut biaya sebesar Rp60.000.

Saat ditelusuri, dua orang Polisi yang bertugas di loket pembuatan SKCK tidak membantah telah memungut biaya lebih untuk administrasi. Mereka mengaku, jika biaya tambahan itu sebagai ongkos capek.

“Iya biaya administrasi Rp30 ribu. Dilebihkan Rp50 ribu untuk beli minum karena capek dan haus sejak pagi melayani banyaknya warga yang datang urus SKCK,” aku oknum Polisi kepada Torajadaily.com.

Sekedar diketahui satu hari ini, Polres Tana Toraja dipadati warga guna mengurus SKCK. Dari data kepolisian tercatat hampir mencapai 100 orang membuat SKCK untuk kepentingan pekerjaan.

Sementara itu, Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto Sirait yang dimintai konfirmasi mengatakan, sangat menyayangkan jika kejadian ini benar terjadi. Menurut Julianto, pungutan di luar ketentuan tidak diperbolehkan, sebab sudah ada keputusan dan ditetapkan berlaku Nasional.

“Tidak seharusnya itu (pungutan di luar ketentuan) terjadi, karena mereka (petugas) sudah digaji. Nanti saya cek, kalau benar pasti akan ditertibkan,” tegas Julianto singkat. (Ima)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top