kesehatan

Waspada, Sudah Ada Warga Meninggal Akibat Virus Rabies

Ilustrasi/INT

TORAJADAILY.COM, MAKALE – Warga Tana Toraja sedapatnya kini harus mewaspadai ancaman Virus Rabies. Penyakit yang ditularkan hewan ini melalui gigitan, sudah menelan korban jiwa.

Korban teranyar bernama Ironimus Dati (41) warga Mengkendek Tana Toraja. Korban meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada pada (1/1/2018).

“Iya positif terinfeksi Rabies dan itu sudah masuk stadium empat,” ujar Syafari Mangopo, Direktur RSUD Lakipadada Tana Toraja, 4/2/2018.

Dijelaskan Syafari, korban merupakan pasien rujukan dari RS. Fatimah Makale. Saat dirawat di Lakipadada, gejala pasien sudah di tingkat stadium akhir sehingga kemungkinan untuk sembuhnya tinggal sedikit.

“Namun keluarga tetap berkeinginan agar tetap dirawat. Penyakit ini menular, pasien saat itu sudah meneteskan air liur secara terus menerus, maka ditempatkan di ruang Kohor (ruang tertutup) yang pada akhirnya meninggal,” urainya.

Menanggapi kasus Ironimus, Syafari mengatakan,  keterlambatan penanganan pasien menjadi faktor utama pasien tak dapat tertolong lagi.  Pemberian vaksin anti rabies seharusnya sudah diberikan di Puskesmas terdekat, karena pemberian vaksin tak berlaku di rumah sakit.

“pentingnya peranan Dinas Sosial serta Dinas Kesehatan dalam penanggulanganan penyakit Rabies,” harapnya.

Ironimus terinfeksi Rabies setelah di digit Anjing peliharaannya sendiri beberapa bulan lalu. Meski sudah berobat di Puskesmas, namun sayangnya korban tidak langsung mendapat vaksin.

“Dan yang menyedihkan, beliau yang saat itu langsung berobat tidak diberikan vaksin anti Rabies tapi malah hanya diberikan obat minum. Entah karena kekosongan stok atau kurang ditanggapi serius karena yang menggigit adalah anjing di rumah sendiri,” ungkap Florence Pakiding Patintingan salah seorang keluarga korban.

Florence juga mengungkap, sebelum Ironimius sudah ada kasus serupa yang juga menelan korban jiwa yakni seorang siswa Sekolah Dasar di Mengkendek. (Ima)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top