Connect with us

Pariwisata

100 Bibit Pohon Tabebuya Ditanam di Puncak Buntu Kandora

Published

on

Kalem Palipu Tanam Pohon Bersama Pemuda Katekisan

TODAY, MAKALE – Pemerintah Lembang Palipu. Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja bekerja sama pemuda katekisan Gereja Toraja jemaat Buntu Payung tanam bibit pohon tabebuya kuning di puncak Buntu Kandora.

Tabebuya kuning atau pohon terompet emas adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar.

Kegiatan ini dipimpin oleh Pendeta Desi Dwisandi dan Ayub Toding.

Kepala Lembang Palipu Semuel Manuk Rante yang terjun langsung menanam bersama menuturkan bibit pohon tabebuya yang ditanam berjumlah 100. Kata dia, program ini sekaitan penataan kawasan wisata kandora untuk menambah pohon pelindung disekitar puncak kandora.

“Tabebuya ini mirip pohon sakura di Jepang. Jadi kita harap penanaman pohon ini tambah memperindah puncak buntu kandora,” ungkap Semuel kepada torajadaily, usai menanam pohon Senin (20/6) siang.

Diketahui Buntu Kandora yang merupakan kawasan Potok Tengan Kandora yang memiliki paket lengkap sebagai destinasi wisata. Kawasan ini telah terdaftar masuk sebagai Desa Wisata (Dewi).

Selain keindahan alam, buntu kandora juga tersedia wisata olah raga serta situs budaya.

Tak heran, tahun ini Buntu Kandora dialokasikan anggaran Rp 1,3 miliar oleh Pemprov Sulsel tahun 2022 ini. Anggaran tersebut berkat perjuangan Anggota DPRD Sulsel Jhon Rende Mangontan.

“Untuk infrastruktur dan penataan kawasan Buntu Kandora. Tahun ini juga ditenderkan,” ungkap JRM sapaan akrab Jhon beberapa waktu lalu. (Atjong)

Trending