Connect with us

Peristiwa

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kematian serta Beasiswa Untuk Anak Zeth Rante Batara

Published

on

alterntif text

TODAY, MAKALE – Dua anak almarhum Zeth Rante Batara menerima bantuan pendidikan (beasiswa) dari BPJS Ketenagakerjaan.

Mereka masing masing Rafly Parinding, siswa SMA 4 Tana Toraja serta Viola Dirgahayu Batara, siswi SDN 122 Gantaran. Rafly mendapatkan Rp 3 juta sementara Viola untuk Rp 1,5 juta.

Bantuan beasiswa itu dilakukan oleh Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, Arief Budiarto, di Kantor Bupati Tana Toraja, Jumat, 2 Juli 2021.

Disaksikan oleh Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg, Kajari Tana Toraja, Jefri P Makapedua,
Sekretaris Daerah, Semuel Tande Bura, Kepala Dinas Kesehatan, dr Ria Minolta serta sejumlah pegawai BPJS Ketenagakerjaan.

Almarhum Zeth adalah Kepala Dusun di Lembang Bulian Massa’bu, Kecamatan Sangalla yang meninggal karena sakit pada bulan Mei 2021 lalu. Semasa hidup almarhum merupakan peserta (nasabah) BPJamsostek.

Selain bantuan beasiswa, pada kesempatan itu, Arief Budiarto juga menyerahkan santunan manfaat jaminan kematian kepada ahli waris almarhum Zeth senilai Rp 42 juta.

“Manfaat jaminan kematian Rp 42 juta dan beasiswa kepada dua anak almarhum hingga lulus perguruan tinggi. Beasiswanya diberikan setiap tahun,” kata Arief usai menyerahkan santunan.

Dia menjelaskan santunan yang diserahkan ini merupakan kewajiban BPJS Ketenagakerjaan atas hak-hak peserta yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja.

“Almarhum ini (Zeth) mempunyai hak menerima santunan maka kita lakukan atau penuhi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Arief juga meminta dukungan dan kerjasama Pemkab terkait kepesertaan BPJamsostek.

Ia berharap kepada Pemkab agar semua pekerja yang ada di Tana Toraja bisa menjadi peserta BPJamsostek.

“Dari 4.000 non ASN baru 700 yang terdaftar, kemudian dari 112 Lembang, baru 11 yang masuk, nah kita sangat berharap bantuan Pemkab untuk mengakomodir yang belum terdaftar ini,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg berharap manfaat BPJS Ketenagakerjaaan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat, karena sangat membantu.

Dibanding dengan iuran yang mesti dikeluarkan.

“Atas nama pemkab Tana Toraja terima kasih atensi dari BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Zadrak juga mengatakan, pemerintah menyambut baik program BPJS Ketenagakerjaan karena dapat membantu kesejahteraan masyakarat.

“Tapi kita akan lihat dulu, jika memungkinkan (keuangan) akan kita support,” tandasnya.(*)

alterntif text
alterntif text

Trending