Connect with us

Pemilu

KPU Toraja Utara Segera Rekrut PPK dan PPS

Published

on

Komisioner KPU Toraja Utara Anzar Tangkesalu

TODAY, RANTEPAO – KPU Toraja Utara tengah melakukan persiapan perekrutan badan ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Lembang/ Kelurahan.

Rencananya, proses perekrutan dimulai
15 November 2022 hingga 1 Januari 2023.

Komisioner KPU Toraja Utara Anzar Tangkesalu mengatakan pembentukan PPK menindaklanjuti hasil rakor KPU RI di Kendari, baru-baru ini.

“Rakor terkait dengan perekrutan badan ad hoc peluncuran Aplikasi sistem informasi anggota KPU dan badan ad hoc (SIAKBA) dan sistem informasi kepegawaian KPU (SIMPEG),” katanya, Senin (24/10).

Menurut Anzhar sebagai langkah persiapan perekrutan badan ad hoc KPU Toraja Utara pihaknya akan memulai dengan sosialisasi agar informasi sampai kepada seluruh masyarakat di wilayah Toraja Utara. Hal ini bertujuan mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi menjadi bagian dari penyelenggara pemilu untuk mendaftarkan diri sebagai calon penyelenggara badan ad hoc PPK dan PPS.

“KPU Toraja Utara akan menyebarkan alat peraga sosialisasi di masing-masing Kecamatan serta sosialisasi dilakukan melalui metode tatap muka bersama dengan stakeholder termasuk di dalamnya berbagai segmen pemilih misalkan keagamaan, perempuan, pemilih pemula dan pemilih muda, pemilih disabilitas dan lain-lain,” jelasnya.

Adapun tahapan-tahapan pembentukan badan ad hoc antara lain pengumuman, pendaftaran, verifikasi administrasi, tes tulis/ CAT serta tes wawancara dan penetapan calon terpilih menjadi penyelenggara badan ad hoc.

Dengan diluncurkannya aplikasi SIAKBA, kata Anzhar kemungkinan besar pendaftaran badan Ad hoc dilakukan secara online, dengan pertimbangan diutamakan usia 17 sampai 55 tahun. Kemudian tidak ada lagi batasan periodisasi bagi penyelenggara badan ad hoc PPK, PPS maupun KPPS yang bertugas di TPS nantinya.

KPU Toraja Utara, lanjut Anzhar kedepannya akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten sehubungan dengan pemenuhan SDM untuk kesekretariatan PPK dan PPS serta ASN yang ikut mendaftarkan diri sebagai calon PPK dan PPS.

“Harapan kita masyarakat Toraja Utara yang telah memenuhi syarat agar ikut serta mengambil bagian untuk mengikuti seleksi badan ad hoc demi suksesnya pemilu Tahun 2024. Partisipasi masyarakat menjadi penyelenggara pemilu maupun sebagai peserta pemilu dan pemilih yang berintegritas rasional dan mandiri benar benar dapat terwujud,” pungkas Anzhar. (*)

Trending