Connect with us

Peristiwa

Masyarakat dan Perantau Batualu Swadaya Perbaiki Jalan Rusak 4 Km

Published

on

Kepala Lembang Batualu Selatan Pradyan Rezky Londong Allo Menyerahkan Bantuan Peralatan Sekolah

TODAY, SANGALLA SELATAN – Seperti peribahasa berat sama dipikul ringan sama dijinjing ditunjukkan warga di Lembang Batualu Selatan, Kecamatan Sangalla Selatan, Tana Toraja.

Pasalnya masyarakat bersama perantau (Diaspora) Batualu bahu membahu memperbaiki jalan kabupaten penghubung kecamatan Sangalla dengan Mengkendek, tepatnya Batualu-Pa’tengko, yang kondisinya rusak parah.

Perbaikan jalan sekitar 4 km itu dilakukan warga dengan cara menimbun lubang jalan yang membentuk kubangan memakai batu pecah. Tak hanya itu, dua alat berat juga digunakan warga untuk memadatkan timbunan.

Kepala Lembang Batualu Selatan Pradyan Rizky Londong Allo
menjelaskan perbaikan jalan dimulai dari wilayah lembang Batualu dan Batualu Selatan sampai perbatasan Lembang Simbuang, Mengkendek.

“Semua anggaran yang kami gunakan murni dari swadaya masyarakat dan perantau Batualu. Ini adalah aksi peduli. Sampai saat ini total timbunan kurang lebih 240 ret atau 480 kubik. Kami juga menggunakan alat berat berupa grader dan bomag untuk memadatkan timbunan,” ungkap Pradyan kepada torajadaily. Kamis, 29 September 2022.

Diketahui, jalan rusak ini sebelumnya viral lantaran tayang dibeberapa stasiun tv nasional beberapa waktu lalu. Sebagai aksi protes warga menanam pohon pisang serta menebar ikan lele dengan harapan mendapat perhatian pemerintah.

“Jadi perlu saya sampaikan aksi peduli Batualu ini ada didasari oleh vidio viral jalan poros Batualu yang ditanami pisang dan tebar benih lele, sehingga membuat hati para perantau terpanggil untuk membenahi jalan Batualu sekitar kurang lebih 4 km,” kata Pradyan.

Baca juga:

Peduli Pendidikan, Kalem Batualu Selatan Bantu Siswa Kurang Mampu dan Berprestasi

Pemerintah Lembang Batualu Selatan Bantu Korban Bencana Gempa Sulbar

Jelang Lebaran Aparat Lembang Batualu Selatan Sisihkan Gaji Bagi Warga Muslim

Pradyan yang juga Ketua MPC Pemuda Pancasila Tana Toraja berharap aksi masyarakat ini mendapat sambutan yang baik dari Pemerintah Kabupaten Tana Toraja.

Mewakili masyarakat Batualu Selatan, Pradyan juga menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada Kerukunan Keluarga Batualu yang sudah berpartisipasi dalam aksi peduli ini, baik materi dan tenaga.

“Saya bangga menjadi orang Batualu, kedepannya jami warga Batualu tidak lagi akan diperdaya oleh namanya politik praktis. Dan harapan saya selaku Kepala Lembang Batualu Selatan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan dan kelancaran drainase jalan sehingga air tidak lagi mengalir di badan jalan. Salam Batualu Sikamali’,” pungkas ini Sapaan arabnya. (Atjong)

Trending