Connect with us

Pemerintahan

Pembongkaran Pasar Kondusif, Pemkab Siapkan 3 Lokasi Relokasi Pedagang

Published

on

Pembongkaran bangunan pasar sore

TODAY, RANTEPAO – Upaya pendekatan secara humanis oleh Pemkab Toraja Utara terkait pembongkaran bangunan pasar sore di sekitar Art Centre Rantepao berbuah manis.

Pasalnya pembongkaran yang menurunkan alat berat itu berjalan kondusif, Sabtu 27 Agustus 2022 sore. Bahkan sejumlah beberapa pedagang dengan sukarela membongkar lapak mereka sendiri.

Padahal, sebelumnya pedagang ngotot tak mau pindah bahkan akan melakukan perlawanan.

Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong yang hadir di lokasi mengatakan sebelum pembongkaran pemkab melakukan sosialisasi dan melakukan pendekatan humanis. Para pedagang, kata Frederik telah disiapkan tiga opsi lokasi untuk pindah.

“Pemkab menyediakan 3 lokasi untuk pedagang. Mereka tinggal pilih mau di pasar pagi bagian dalam atau luar atau pasar bolu,” jelas Dedi sapaan akrabnya.

Wabup juga mengapresiasi semua pihak diantaranya Pimpinan dan anggota DPRD, LSM dan Pers yang aktif membangun komunikasi dengan pemerintah daerah terkait pembongkaran sore. Begitu pula dengan pihak keamanan yang turut membantu bangun komunikasi yang sehingga pembongkaran berjalan kondusif.

“Terima kasih semuanya, pemindahan pasar ini tercipta suasana kondusif,” katanya.

Pembongkaran pasar sore melibatkan ratusan aparat gabungan dari Satpol PP Toraja Utara, Polres Toraja Utara, Kodim 1414 Tana Toraja serta BKO Brimob Polda Sulsel.

“Syukur pembongkaran berjalan lancar walaupun sempat diguyur hujan tetapi personel yang melakukan pembongkaran tetap semangat. Pedagang juga tidak ada yang memberikan perlawanan karena sebelumnya dilakukan pendekatan secara humanis,” ujar Kepala Satpol PP Toraja Utara Rianto Yusuf.

Selain wabup turut hadir Ketua DPRD Toraja Utara Nober Rantesiama menyaksikan jalannya pembongkaran.

Diketahui Pemkab Toraja Utara berencana membangun layanan publik, yakni perpustakaan dan alun-alun kota Rantepao, di lokasi bekas pasar sore. (Devid)

Trending