Connect with us

kesehatan

Pemkab Tana Toraja Testing Cepat Deteksi Covid-19

Published

on

Bupati Theofilus Semangati Nakes di Puskesmas
alterntif text

TODAY, MAKALE – Pemkab Tana Toraja kini mengambil langkah cepat dengan melakukan testing usai proses contact tracing jika menemukan kasus Covid-19.

Langkah tersebut bertujuan agar lebih cepat mendeteksi adanya paparan virus Covid-19.

“Saya tegaskan, jangan kendorkan testing, begitu ada kejadian (kasus) dan sudah tracing langsung testing,” tegas Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung.

Theofilus yang juga Ketua Satgas Covid-19 Tana Toraja mengatakan testing cepat dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19. Sebab, jika testing dikendorkan akan berbahaya dan mempercepat penyebaran virus.

“Bisa saja kita tidak lalukan testing, tapi suatu saat pasti akan menjadi bom waktu. Bayangkan kalau kita tidak testing, orang yang berstatus OTG bisa berkeliaran, nah inikan bahaya,” ujarnya.

Seiring dengan gerak cepat Satgas melakukan testing, tingkat penyebaran Covid-19 di Tana Toraja juga cepat dalam waktu singkat naik.

Menurut Bupati, kenaikan ini bukan hanya karena testing cepat oleh pihaknya, tapi seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, dimana cepat melapor ke petugas kesehatan ketika mengetahui telah melakukan kontak dengan orang yang terpapar Covid-19.

“Bagusnya sekarang banyak masyarakat ketika sudah kontak dengan orang yang terkonfirmasi Covid datang melapor minta di PCR. Artinya masyarakat tidak sembunyi lagi,” syukur Theofilus memberikan apresiasi.

Diketahui Tana Toraja saat ini menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Theofilus yang juga mantan Kepala Inspektorat Sulsel tak lupa mengimbau warga agar tak kendur membentengi diri dengan menerapkan protokol kesehatan, guna pencegahan penyebaran Covid-19 di Tana Toraja. (Devid)

alterntif text
alterntif text

Trending