Connect with us

kesehatan

Tana Toraja Kekurangan Vaksin Booster untuk Nakes

Published

on

Salah seorang nakes di RSUD Lakipadada divaksin dosis 3

 

TODAY, MAKALE – Vaksinasi dosis ketiga (booster) hanya di peruntukkan untuk tenaga kesehatan (nakes) termasuk tenaga pendukung kesehatan.

Di kabupaten Tana Toraja, pemerintah setempat telah memulai vaksinasi dosis ketiga ini. Ditargetkan sebanyak 1.669 nakes akan mendapat vaksin moderna.

Namun, target tersebut terkendala ketersediaan vaksin.

Dari data Laporan Komulatif Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Tana Toraja per tanggal 12 Agustus 2021, jumlah nakes yang sudah vaksin tercatat baru 194.

Kadis kesehatan Tana Toraja dr. Ria Tanggo mengatakan pihaknya baru menerima vaksin dosis 3 (moderna) sebanyak 77 vial.

Ia mengakui jumlah tersebut masih kurang dari total keseluruhan nakes yang akan divaksin.

Idealnya, menurut Ria butuh 129 vial lagi untuk mencapai target seluruh nakes di Tana Toraja yang akan divaksin.

“Kami tergantung dari ketersediaan vaksin. Karena vaksin yang diberikan ke kabupaten (Tana Toraja) untuk nakes masih kurang,” jawab Ria yang ditanyai target vaksinasi dosis 3 untuk nakes di Tana Toraja, Jumat (13/8).

Penting diketahui pemberian dosis ketiga vaksin moderna diputuskan Kemenkes diperuntukan hanya bagi tenaga kesehatan (Nakes).

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor SR.02.06II/2025/2011, yang ditujukan kepada gubernur, bupati, dan walikota.

Artinya jika ada diluar nakes yang menggunakan vaksin moderna sebagai vaksin booster atau suntikan vaksin ketiga itu jelas melanggar aturan.

Bagi pelanggar aturan tersebut dapat diproses pihak berwajib. (*)

alterntif text

Trending