Connect with us

Peristiwa

Tenaga Ahli Utama KSP Noch Tiranduk Mallisa Kawal Program Kesehatan dan Pendidikan di Tana Toraja

Published

on

dr Noch Tiranduk Mallisa bersama Sejumlah Pejabat Lingkup Pemkab Tana Toraja

TODAY, MAKALE – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Pembangunan Manusia, Brigjen (Purn) dr Noch Tiranduk Mallisa pulang di kampung halamannya, Toraja, Rabu, 16 November 2022.

Ia kembali meninjau kelengkapan fasilitas kesehatan di RSUD Lakipadada. Salah satunya, CT Scan yang baru saja dimiliki RSUD Lakipadada.

Alat kesehatan senilai Rp 14,7 M itu merupakan bantuan Kemenkes atas upaya dr Noch.

“Alkes itu sudah saya bantu nilainya Rp 14,7 M untuk CT Scan dari Kementrian Kesehatan. Kemenkes itu membantu karena waktu saya kunjungan yang lalu itu saya lihat di Toraja, Enrekang dan Mamasa tidak ada (RS) yang punya CT Scan. Jadi selama ini kalau ada yang perlu CT Scan harus dirujuk ke Makassar jarak 300 Km. Jadi ini narasi saya sampaikan ke kementerian kesehatan untuk dibantu,” ungkapnya kepada torajadaily saat dijumpai di Hotel Santai, Rantepao, Rabu (16/11) malam.

Menurut mantan Kepala Rumah Sakit Patria Ikatan Kesejahteraan Keluarga Tentara Nasional Indonesia (IKKT) itu, selain CT Scan, ia juga sementara mengupayakan bantuan anggaran dari Kemenkes untuk melanjutkan pembangunan bagian gedung RSUD Lakipadada yang sebelumnya terhenti menyusul pandemi Covid-19.

“Tahun depan kita akan dapatkan lagi dari DAK Kemenkes Rp 23 M. Rp 16 M untuk lanjutan pembangunan RSUD Lakipadada bagian belakang dan Rp 7 M untuk Alkes,” ungkap Noch.

Sementara untuk pendidikan, lanjut dia telah terealisasi bantuan dari Kementerian Pendidikan untuk sekolah di Tana Toraja.

“Yang diajukan SMPN 1 Makale Utara, 50 unit laptop, LCD 50, printer 5 Kemendikbud sudah iyakan dan dan sudah dibantu. Laptop yang dibantukan itu kita prioritaskan tingkat TKDN yang paling tinggi dimana sesuai dengan program pak Jokowi,” terangnya.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Pembangunan Manusia, Brigjen (Purn) dr Noch Tiranduk Mallisa Kunjungi SMPN 1 Makale Utara

Dalam kunjungan kali ini Noch juga menyempatkan waktu sowan Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung di rumah jabatan bupati, Rabu (16/11) siang. Usai itu ia mengunjungi SMPN 1 Makale Utara.

Ia menjelaskan maksud kunjungannya ke Toraja juga sekaligus menjaring aspirasi mengenai isu-isu fokus sektor kesehatan dan pendidikan yang bisa dicarikan solusi ke kementerian atau lembaga terkait.

“Apa yang bisa kita bantu kita komunikasikan. Sebagai tenaga ahli saya membantu kepala staf supaya program program strategi nasional dan janji-janji pak Jokowi itu bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Di hotel Santai, Putra Toraja itu dikunjungi sejumlah pejabat lingkup Pemkab Tana Toraja yang datang menyampaikan kebutuhan agar dibantu. Diantaranya Kadis Pendidikan, Direktur RS Lakipadada, dinas pariwisata, dinas PUPR dan beberapa kepala sekolah.

“Untuk tahun depan, ini yang diusulkan kita akan coba lagi kawal,” pungkasnya. (Atjong)

Trending