Connect with us

Peristiwa

Tyson Menangkan Rp 10 Juta Lomba Mancing HUT ke- 77 TNI di Lembang Uluwai

Published

on

TODAY, MAKALE – Beragam cara dilakukan para prajurit TNI di seluruh pelosok nusantara  guna  menyemarakkan HUT ke-77 TNI yang tahun ini yang mengusung tema “TNI ADALAH KITA”. Salah satunya, di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Di daerah yang terkenal dengan keindahan alam serta keunikan budayanya ini, Kodim 1414 Toraja  berkerjasama Pemerintah Lembang (desa) Uluwai turut memeriahkan HUT TNI ke 77 dengan melaksanakan lomba mancing “Dulang Fishing Tournament 2”, di Lembang Uluwai, Sabtu (8/10).

Baca juga:

Dandim Tana Toraja Rencana Kembangkan Air Terjun Pong Toding di Lembang Uluwai menjadi Destinasi Baru

Dandim 1414 Tana Toraja Bantu Dorong Truk Terjebak Lumpur

Dandim 1414 Tana Toraja Galakkan Pola Tanam Semusim di Uluwai

Menurut Basrul Haq selaku ketua panitia lomba, mancing kali ini memperebutkan total hadiah Rp 30 juta rupiah. Kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan di tempat yang sama, sebelumnya, pada November 2021 juga dilaksanakan dalam Rangka HUT Korps Marinir TNI AL.

Lomba mancing berhasil dimenangkan oleh Tyson dari tim GMM Mamasa-Sulawesi Barat dengan memperoleh ikan seberat 1,8 kg. Tyson berhak membawa pulang hadiah utama Rp 10 juta.

“Kami berterima kasih kepada Komandan Kodim 1414 Tator, Letkol Inf Monfi Ade Candra beserta seluruh prajurit, pemerintah dan masyarakat Uluwai yang mendukung penuh  kegiatan ini sehingga berjalan sukses sesuai harapan kami. Semoga kerjasama TNI dan masyarakat  semakin kuat dan semakin sering dilaksanakan,” kata Basrul, Minggu (9/10).

Tak hanya lomba mancing, HUT ke-77 TNI kali ini juga diadakan pameran persenjataan dari Batalyon Infanteri 721/ Makkasau Pinrang di lokasi pemancingan.

senjata penembak runduk (SPR) kaliber 12,7 mm

Salah satu senjata yang dipamerkan adalah senjata sniper atau senjata penembak runduk (SPR) kaliber 12,7 mm dengan berat senjata mencapai 16 kg dan daya tembak efektif 2000 m. SPR ini merupakan kebanggaan Indonesia karena asli buatan PT Pindad.

“Kegiatan ini merupakan bukti nyata sinergi antara TNI dan Rakyat. Buktinya kegiatan ini sukses kegiatan ini berkat dukungan penuh Masyarakat Lembang Uluwai. Mulai dari persiapan lokasi hingga hari pelaksanaan, semua masyarakat borbondong-bondong turut ambil bagian menyukseskan kegiatan tersebut,” ungkap Dandim 1414 Tana Toraja Letkol inf Monfi Ade Candra.

Selain memperingati HUT ke-77 TNI, kegiatan ini juga untuk memperkenalkan potensi sumber daya alam yang ada di lembang Uluwai, Kecamatan Mengkendek.

“Yang tentunya kita harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata dan ketahanan pangan budidaya Ikan mas,” kata Chandra.

Sementara Y. Parassa Paembonan, selaku Kepala Lembang Uluwai berharap semoga sinergi dan kerja sama antara TNI dan Pemerintah Lembang Uluwai dapat semakin kuat dan tetap berkelanjutan. (*)

Trending