Sejumlah Anak Kos, Mahasiswa IAKN Toraja Terpaksa Mengungsi Takut Longsor

TORAJADAILY, MENGKENDEK — Sejumlah mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja terpaksa harus mengungsi, lantaran rumah kos yang mereka huni terancam ambruk.

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu, (9/3/2024) dini hari di bagian selatan kompleks kampus IAKN Toraja Kelurahan Rante Kalua, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja.

APBD Tana Toraja 2024

Rumah kos para mahasiswa ini tanahnya bergeser, dimana dapat mengancam keselamatan jiwa mereka apabila longsor. Apalagi, curah hujan masih tinggi.

“Sebenarnya kejadian ini tiga malam yang lalu, tetapi puncaknya tadi malam karena hujan deras. Dan tadi pagi saya pastikan semua yang tinggal di kosan harus aman karena memang tanggung jawab kami sebagai tuan rumah rumah,” kata pemilik kos, Roni kepada Torajadaily, Sabtu, (9/3/2024).

Pantaian di lokasi, kejadian bencana menyusul hujan deras ini setidaknya ada 4 rumah kos tanahnya bergeser yang berpotensi terjadinya longsor. Selain itu, ada 6 rumah yang akan terdampak jika terjadi longsor.

Disamping itu, akibat tanah bergeser salah satu rumah kos sudah hampir rubuh dan beberapa kamar mandi kos serta pondasi bangunan yang akan di bangun rumah sudah rusak.

Menurut Roni jika terjadi bencana tanah longsor rumah kos miliknya lah yang akan mengalami kerusakan parah.

“Banyak tanah yang bergeser dari atas sehingga pas di lokasi yang tempat kami tinggal ini tumpuan tanah, jika semua pondasi dari atas rusak maka semua akan tumpah di rumah kami,” tandas Roni.

Komentar